Mukadimah: Bismillah..Abdi Ngawitan Ngeblog (deui)

omjeAlhamdulillah akhirnya kesampaian juga punya blog (lagi), setelah sekian lama menanti akhirnya datang juga :)! Terdengar agak sedikit lebay memang, tapi begitulah keadaannya sodarah-sodarah, dengan aktifitas Omje sehari-hari yang sok sibuk, bikin Omje ga sempet nulis di blog. Beberapa blog yang pernah Omje bikin di jaman Firaun dulu, sekarang nasipnya udah karatan, kaya’ rumah yang ditinggal pergi penghuninya, kumuh, lumutan, barala, bau, dan agak sedikit angker :p.

Continue reading

Mengatasi Masalah Cannot Access to File Resetter Epson T13

Epson logo

Omje pernah share tentang Cara Reset Printer Epson T11 beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah so far sih dari pengalaman ane lancar-lancar sajah, ga ada masalah. Nah, hari ini, ane baru ngalamin beberapa masalah dengan program AdjProg alias Resetter Printer Epson tersebut.

Masalah yang Omje hadepin adalah ketika ane pake program resetter printer tersebut untuk ngereset printer Epson T13 ane. Ada beberapa menu yang ga jalan, diantaranya yang paling penting buat Omje adalah menu untuk print out. Semua menu untuk ngeprint ga bisa jalan alias eror, muncul notifikasi “Cannot Access to File”.

Solusinya adalah pake AdjProg Epson L200 atau Resetter Epson L200. Aneh kan printer Epson T13 ko pake Resetter Epson L200? Ga percaya? Well, coba aja sendiri, dijamin lancar🙂

Caranya hampir sama dengan Resetter Epson T13 atau Resetter Epson T11, cuman ada beberapa menu tambahan yang ga didapetin di AdjProg Epson T13 atau AdjProg Epson T11, ane ngeliat sih Resetter Epson L200 lebih komplit dan powerful.

Nah, itu dia cara ngatasin Masalah “Cannot Access to File” pada program Resetter Epson T13. Artikel lebih lengkapnya bisa dibaca disini:

Okeh, silahkan dicoba gan..

Bikin Search Engine Sendiri Seperti Google? Why Not!

Image representing Google as depicted in Crunc...

Omje masih pengen sharing tentang urusan cari mencari di dunia gaib alias web search engine🙂. Sebelomnya ane cerita tentang cara menambah search box di wordpress. Kemudian berikutnya cerita tentang search engine alternatif selain google. Nah, berikut ini Omje pengen sharing tentang cara bikin search engine sendiri seperti Google.

Emang mungkin? Yaa mungkin laah! Orang bijak bilang:

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Satu-satunya yang tidak mungkin adalah ketidakmungkinan itu sendiri.

Heu3.. perasaan baru kali ini tulisan Omje pake quote kaya gini😀

Pertanyaa berikutnya adalah,

Emang bisa? Yaa bisa laah! Kalo ga bisa, ngapain ane sharing disini🙂.

Omje nemuin beberapa tools & scripts untuk membuat search engine alias mesin pencari seperti Google. Langsung meluncur aja deh ke tekape gan..

http://designrshub.com/2013/08/php-search-engine-scripts.html

Search Engine Alternatif Selain Google

Google 貼牌冰箱(Google Refrigerator)

Omje pernah kepikiran, apakah beberapa tahun kedepan orang masih pake Google sebagai search engine untuk mencari segala sesuatu di internet? Kalo iya, sampe kapan itu bertahan?

Kadang terpikir, begitu melimpahnya resource di internet, baik itu berupa artikel, gambar, dokumen, musik, video, dll, baik dalam bentuk web, blog, fb, dll., yang jumlahnya mungkin jutaan ato lebih, apakah cukup ‘terwakili aspirasinya’ (eksistensinya) dengan hasil search engine google yang hanya 10 results/page?

Jawabannya: MENEKETEMPE😀

Yang pasti mah, programmer & developer google bukan kelas amatiran kaya Omje hehehe :p, jadi setidaknya untuk saat ini, banyak yang masih tsiqoh sama om gugel, termasuk ane, heu3..

Tapi tentu saja ga ada salahnya juga untuk mencoba beberapa alternatif search engine selain Google yang saat ini sudah beredar di dunia gaib. Informasinya bisa dibaca disini gan..

http://mashable.com/2013/02/26/alternative-search-engines/

Kalo yang diatas adalah search engine bikinan orang luar, yang berikut ini katanya search engine buatan Indonesia. Cekidot soob..

http://sariutamidewi.blogspot.com/2012/11/search-engine-buatan-indonesia.html

Dan jangan lupa info terbaru berikut ini sob, denger-denger katanya bosnya MNC, Hary Tanoesoedibjo, yang skarang nyapres sama Wiranto, mau bikin search engine juga di tahun 2013, karena katanya orang-orang Indonesia ‘ketergantungan’ sama search engine dari luar negeri, seperti Google.

http://www.techinasia.com/mnc-group-search-engine-tencent-baidu-partner/

Ga tau juga kepastiannya seperti apa, jadi apa engganya, terus apa mau pilih Baidu ato Tencent sebagai mitranya. Well, kita tunggu aja kali ya. Mudah2an aja jadi angin segar untuk memecah ‘kejumudan’ dan ‘ketergantungan’ netizen di Indonesia khususnya terhadap search engine mainstream seperti Google dan Yahoo.

Mmh..siap-siap aja nih para kuli SEO untuk nyiapin jurus barunya😀

Cara Membuat Kolom Advanced Search pada WordPress

Keberadaan search box alias kotak pencarian pada website sangat penting, terutama website yang jumlah artikelnya udah banyak. Perannya sangat membantu pengunjung supaya tidak tersesat, biar mereka ga kebingungan nyari tulisan yang diinginkan. Kasian kalo sampe nyasar di web/blog kita, apalagi kalo sampe ga tau jalan pulang, bisa berabe ni urusannya, heu3..😀

Nah, supaya pengunjung nyaman di web/blog kita, ga sampe kejadian ada yang nyasar, maka sangat dianjurkan untuk memasang search box. Di hampir setiap web/blog, khususnya wordpress, udah disediain fasilitas tersebut, tinggal tempel doang. Nah, masalahnya adalah fitur search box bawaan wordpress tersebut kemampuannya standar banget. Sehingga kurang begitu membantu untuk mencari file yang sangat spesifik. Artinya perlu fitur yang lebih advance.

Kabar baiknya, Omje nemuin plugin advanced search box WordPress yang ane maksud tadi, namanya Facetious.  Plugin ini membantu pengunjung mencari file berdasarkan kategori, tag, format, waktu, jenis tulisan, dll. Intinya supaya hasil pencariannya lebih mendekati pada apa yang diinginkan pengunjung.

Omje sendiri belom nyoba ni plugin, soalnya baru baca ripiuwnya dari WPBeginner :p. Ulasan lebih detilnya bisa dibaca dibawah. Cekidot soob..

http://www.wpbeginner.com/plugins/how-to-add-an-advanced-search-box-in-wordpress-using-facetious/

Reset Printer Epson T11 & T13

Epson logoBeberapa hari ini, Omje ngadepin masalah seputar printer, kebetulan ane pake Epson T11 dan Epson T13. Printer Epson ane eror beberapa kali, dan sempet bingung cara ngatasinnya. Dan ternyata betul nasehat ulama, katanya kalo kita ngedoa minta diberi ilmu/kebijasanaan maka Allah akan ngasih kita masalah..😀

Masalah pertama yang Omje alami kemaren yaitu printer ga jalan, lampu merahnya nyala. Masalah kedua, hasil print tintanya numpuk & nyampur ga jelas, garis nyarengsol alias bengkok bin ga rapih, dan ada white bandnya ato garis patah putihnya.

Alhamdulillah ane nemu solusi utk masalah Epson T11 & T13 tersebut. Keduanya ane atasin dengan Software Reset Printer Epson T11 & T13, yg dikenal juga dengan AdjProg Software. Cari aja di google, soalnya banyak banget blogger yang punya link downloadannya. Ane download Epson Resetter di sini.

Ane sharing ya pengalamannya :

Masalah Pertama: Printer ga bisa jalan, tapi lampu merahnya nyala

Biasanya kalo lampu merahnya nyala, itu karena pas ane ngeprin kertasnya abis. Ini mah ujug2 aja merah gitu.

Solusinya

1. Jalanin Resetter Epson T11 atau T13 > Klik “Accept”

Software AdjProg

2. Pilih model printer > Klik “Select” (atur sesuai gambar dibawah) > Klik “Particular Adjustment Mode”

Setting Resetter Epson AdjProg

3. Pilih menu “Waste Ink Pad Counter”

Reset Waste Ink Printer Epson

4. Cek kondisi waste ink printer > Klik “Check”

Cek Waste Ink Epson T11

Perhatikan nilai “Main Pad” dan Platen Pad”nya, berapa point/persen nilainya. Bila telah mencapai nilai Max, maka printer harus direset. Caranya klik “Initialization

Setelah direset, maka nilai keduanya akan kembali ke angka 0.

5. Klik “Finish”

Alhamdulillah printer epson T11 ane jalan kembali😀

Masalah Kedua: hasil print butut dan nyarengsol alias ga rapih, bergaris & bertumpuk

Hasil Print Bergaris dan Bertumpuk

Gambar yang atas hasil print ada garisnya, kaya yg kepotong. Gambar yg bawah hasil print numpuk.

Solusinya

Kita lanjut nanti ya, iklan dulu deh, Omje mau ke belakang dulu nih, hehehe😀

Tungguin okeh😀

……………………………….

okeh lanjut sodarah😀

Solusinya

Ngadepin masalah yang kedua ini, Omje ngelakuin 2 hal, yaitu BI-D Adjustment dan PF-Band Adjustment.

BI-D Adjustment

1. Ulangi step 1-2 pada masalah yg pertama diatas

2. Pilih menu “BI-D Adjustment”

3. Ceklis opsi  ECO dan VSD 1-3 > Klik “Print”

BI-D_Adjustment

Coba perhatikan hasil print outnya:

BI D Adjustment

Semua kotak2 tersebut adalah menunjukkan kualitas print outnya.

Kita lihat lebih dekat hasil print outnya:

BI D Adjustment

Kotak2 tersebut ada yang mulus berbentuk kotak ada yg putus2 ato bergaris.

4. Input nilai ECO dan VSD 1-3 > Klik “Input”

Pilih kotak yang paling bagus, terus masukin di kolom “Input & Check”.

BI-D_Adjustment

Seperti yg terlihat di gambar, Omje masukin nilai BI-D Adjusmentnya adalah:

Black: 9, -2, 5, 4

Color: 8, -2, 5, 2

5. Finish

PF-Band Adjustment

1. Ulangi step 1-2 pada masalah yg pertama diatas

2. Pilih menu “PF-Band Adjustment”

3. Klik “Print”

Silahkan perhatikan hasil print outnya:

PF Band Adjustment

Coba kita lihat lebih dekat hasilnya:

Epson PF Band Adjustment PF Band Adjustment

Kotak2 persegi panjang tersebut ada yang mulus & rapih ada juga yg putus2 bergaris dan bertumpuk antara persegi panjang atas dan bawahnya.

4. Input nilai > Klik “Input”

Pilih kotak persegi panjang yang paling bagus, terus masukin di kolom “Input & Check”.

PF_Band_Adjustment

Seperti yg terlihat di gambar, Omje masukin nilai PF-Band Adjustmentnya adalah:

Black: 3

Color: 1

5. Finish

Nah, begitu hadirin Cara Seting AdjProg aka Epson T11 T13 Resetter Software.

Mudah2an bermangpaat😀

Banner Spanduk Idul Fitri (PSD & CDR)

A family coming to Istiqlal Mosque for Eid ul-...Lebaran boleh saja masih 3 mingguan lagi, idul fitri boleh saja masih jauh, tapi persiapannya ga ada salahnya dilakukan dari sekarang. Eit, tunggu dulu, pikirannya jangan langsung ke baju baru, sepatu baru, apalagi istri baru😀, tapi yang Omje maksud persiapan untuk pekerjaan. Artinya, biar nanti pas lebaran ga pusing2 lagi mikirin kerjaan, beresin dari sekarang.

Nah, salah satunya urusan bikin spanduk. Buat mesjid, kantor, sekolah atau yang lainnya so pasti dong pas mau lebaran bikin spanduk. Biar nanti pas lebaran ga pabeulit jeung kupat dan opor ayam, mendingan kita bikin dulu desainnya dari sekarang, iya ga?! =)

Berikut ini Omje share desain spanduk idul fitri gratis dengan photoshop dan desain banner idul fitri dengan corel yang ane ambil dari Adiguna.

Mantep juga tuh Adiguna, puasanya belom kelar tapi desain spanduk idul fitrinya udah keluar..

Langsung aja deh gan ke tekape..

Banner Spanduk Idul Fitri di Photoshop | Desain Grafis Template Undangan Brosur Banner Vektor Logo.

Desain Spanduk Idul Fitri Photoshop

Desain Spanduk Idul Fitri Corel

35 Cheatsheets & Infografik Buat Praktisi Marketing di Social Media

Bagi praktisi marketing di dunia ghaib alias internet penting untuk selalu update dengan perkembangan teknologi dan arah trend pasar. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosia (social media) seperti facebook, twitter, dan yang sejenisnya.

Tapi, kalo ga tau gimana cara ngegarap media sosial, bisa jadi malah cape teu puguh, yang ada tiap hari update status di sosmed, tapi ga ngepek ke CRO alias ga ngaruh ke konversi.

So, kali ini Omje mau share sedikit informasi tentang social media marketing melalui cheatsheet sama infografik berikut ini. Mudah-mudahan hadirin.. =)

Cekidoooot!

35 Cheatsheets & Infographics For Social Media Marketers.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers