Search Engine Alternatif Selain Google

Google 貼牌冰箱(Google Refrigerator)

Omje pernah kepikiran, apakah beberapa tahun kedepan orang masih pake Google sebagai search engine untuk mencari segala sesuatu di internet? Kalo iya, sampe kapan itu bertahan?

Kadang terpikir, begitu melimpahnya resource di internet, baik itu berupa artikel, gambar, dokumen, musik, video, dll, baik dalam bentuk web, blog, fb, dll., yang jumlahnya mungkin jutaan ato lebih, apakah cukup ‘terwakili aspirasinya’ (eksistensinya) dengan hasil search engine google yang hanya 10 results/page?

Jawabannya: MENEKETEMPE 😀

Yang pasti mah, programmer & developer google bukan kelas amatiran kaya Omje hehehe :p, jadi setidaknya untuk saat ini, banyak yang masih tsiqoh sama om gugel, termasuk ane, heu3..

Tapi tentu saja ga ada salahnya juga untuk mencoba beberapa alternatif search engine selain Google yang saat ini sudah beredar di dunia gaib. Informasinya bisa dibaca disini gan..

http://mashable.com/2013/02/26/alternative-search-engines/

Kalo yang diatas adalah search engine bikinan orang luar, yang berikut ini katanya search engine buatan Indonesia. Cekidot soob..

http://sariutamidewi.blogspot.com/2012/11/search-engine-buatan-indonesia.html

Dan jangan lupa info terbaru berikut ini sob, denger-denger katanya bosnya MNC, Hary Tanoesoedibjo, yang skarang nyapres sama Wiranto, mau bikin search engine juga di tahun 2013, karena katanya orang-orang Indonesia ‘ketergantungan’ sama search engine dari luar negeri, seperti Google.

http://www.techinasia.com/mnc-group-search-engine-tencent-baidu-partner/

Ga tau juga kepastiannya seperti apa, jadi apa engganya, terus apa mau pilih Baidu ato Tencent sebagai mitranya. Well, kita tunggu aja kali ya. Mudah2an aja jadi angin segar untuk memecah ‘kejumudan’ dan ‘ketergantungan’ netizen di Indonesia khususnya terhadap search engine mainstream seperti Google dan Yahoo.

Mmh..siap-siap aja nih para kuli SEO untuk nyiapin jurus barunya 😀

Balas