Desain Gratis Banner Ramadhan 1434H (PSD & CDR)

English: Dusk at the Sultan Omar Ali Saifuddin...

Ini adalah kali kedua Omje sharing desain gratis Banner Ramadhan. Sebelumnya, di tahun 2012 ane juga pernah posting template gratis banner ramadhan. Desain banner gratis ini kegunaannya bisa dipake buat spanduk masjid, spanduk sekolah, spanduk kantor, dll. Nah, kebetulan ane sendiri pake ni desain untuk dipasang jadi banner website.

Dari hasil penelusuran Omje di rumah mbah gugel, ada beberapa banner gratis yang ane temuin. Ini dia salah satunya:

Free Banner Ramadhan 1434H (PSD)

free banner ramadhan psd

Ini adalah desain yang pertama kali ane temuin dari webnya MBKaos. Dan ane langsung suka sebenernya. Tapi pas ane donlot, ternyata isinya cuman file tif doang, ga tau file psdnya ada dimana. Mudah2an ajah link donlotnya diperbaiki 🙂

Desain Spanduk Banner Ramadhan (CDR)

Desain Spanduk Banner Ramadhan

Berikutnya di webnya Masbadar ngasih 8 buah desain gratis dalam bentuk corel dan jpg, dalam berbagai variasi desain, baik dalam bentuk spanduk maupun baliho.

Spanduk Ramadhan Photoshop

Spanduk Ramadhan Photoshop

Desain gratis yang satu ini adalah dari Adiguna. Dan ga cuman spanduk aja, di webnya ane juga nemuin desain untuk website. Cocok untuk dipake sebagai blog header atau web header. Berikut ini salah satunya:

Blog Header Banner

Desain Spanduk Menyambut Ramadhan

Desain Spanduk Menyambut Ramadhan

Nah, kalo sumber desain banner yang satu ini udah ga asing di dunia ghaib :), ini Omje ambil dari gudangnya desain gratis, nama webnya aja DesainGratis.. pasti dong banyak desain gretongan disana 😀

So, ga heran kalo disitu ga cuman satu, tapi setidaknya ada 3 buah desain banner ramadhan yang Omje temuin. Skalian aja deh ane share disini:

X Banner Ramadhan

X Banner Selamat Beribadah Puasa

Spanduk Ramadhan

Spanduk Ramadhan

Itu dia kumpulan desain gratis banner ramadhan yang bisa ane share, mudah2an bermanfaat. Ga lupa, semoga ibadah puasa kali ini lebih baik lagi dari sebelumnya. Aamiiin 🙂

Advertisements

200 Faktor Mempengaruhi Search Engine Google (SEO Infografik)

Image representing Google as depicted in Crunc...Hadirin, udah tau kan Google punya binatang piaraan yang baru, namanya Penguin? Hehe 🙂

Ya, kamsud omje Google Penguin 2.0, itu versi terbaru dari algoritma Penguin sebelumnya, yang diluncurkan untuk menghabisi website2 spam. Disatu sisi memang kabar baik, artinya website2 ‘geje’ a.k.a ga jelas itu bisa diminimalisir penampakannya di dunia gaib. Karena, kalo tidak diatasi, ketika orang mencari sesuatu di google, yang keluar adalah website2 spam yang ‘menghalangi pemandangan’ :).

Disisi lain, algoritma search engine google yang baru itu bisa jadi mempengaruhi peringkat/rangking website2 yang ada saat ini. Bisa jadi bikin melorot, bisa jadi juga bikin naik.

Nah, supaya bisa lebih memahami website yang kaya gimana yang disukain om gugel, berikut ini ada infografik SEO yang menjelaskan bagaimana cara kerja Google mengindeks dan merangking website kita.

Continue reading

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

An icon from icon theme Crystal Clear.

Dalam artikel Omje sebelumnya, ane pernah nyingung soal data perkembangan pengguna internet di Indonesia. Disitu omje mengambil data dari situsnya We Are Social. Nah, barusan ane nemuin referensi yang lain yang berasal dari negeri sendiri, yaitu dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Datanya ga jauh beda dengan yang Omje dapetin sebelumnya, cuman disini ada tambahan data lain, yaitu berkenaan dengan proyeksi kedepannya seperti apa. Menurut penerawangan APJII, proyeksi perkembangan pengguna internet di Indonesia 3 tahun ke depan akan meningkat, dengan perkiraan:

2013: 82 juta

2014: 107 juta

2015: 139 juta

Lihat grafik berikut untuk lebih detilnya:

grafik pengguna internet indonesia

Sumber: http://www.apjii.or.id/v2/index.php/read/page/halaman-data/9/statistik.html

Omje pikir ini adalah informasi yang sangat menarik bagi pelaku bisnis untuk merancang strategi yang bagus kedepannya bagaimana menghadapi trend perilaku pasar tersebut.

Dan bagi ane sendiri sebagai kuli ayti/IT alias tukang bikin website :), jelas ini adalah peluang sekaligus tantangan. Peluangnya, kedepan orang yang mau bikin website mungkin akan terus meningkat. Tantangannya, kedepan orang yang kuli ayti juga mungkin akan terus meningkat, hehe.

So, terus belajar untuk menambah ilmu, tambah jam terbang untuk menambah pengalaman, dan jangan lupa..berbagi.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (TQS. Al Baqarah: 261)

Inget sodarah2, sharing is caring. The more you give the more you get.

Solusi Masalah “Fatal Error Allowed Memory Size Exhausted”

Image representing WordPress as depicted in Cr...

Pagi tadi Omje ngecek beberapa website klien yang ane menten, dan ternyata salah satunya ga bisa diakses hadirin, yang ada cuman tulisan:

Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 7680 bytes) in /home/xyz/public_html/abc/tuv/wp-includes/kses.php(1005) : runtime-created function on line 1

Begitu kurang lebih notifikasinya.

Omje langsung gerak cepat untuk membereskannya: Search Om Gugel 😀

Ane cari2 disana, dan nemu banyak orang yang pernah ngalamin hal yang sama, berikut beberapa alternatif solusinya. Omje pun langsung nyobain berbagai cara yang ditawarkan, diantaranya seperti yang ada dalam tulisan berikut ini:

WordPress › Support » Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted.

Inti solusinya adalah naikin php memory nya. Nyetingnya ada yang nyaranin ngedit file  wp-config.php, .htaccess, wp-setting.php, dan ada juga file php.ini.

Dari berbagai solusi yang ditawarkan, ga ada yang manjur. Macem2 tingkat kemanjurannya. Ada yg ga berhasil sama sekali. Ada juga yang berhasil, tapi cuman berhasil membuka akses ke frontend doang, maksudnya untuk ngakses website nya sih bisa, tapi pas ngakses ke backend alias halaman adminnya, muncul lagi eror yang tadi.

Maka, setelah berbagai solusi dicoba, akhirnya ane nemuin cara yang manjur untuk kasus web ane tadi, yaitu lewat file php.ini.

Cara yang ane lakuin bikin file php.ini yang isinya:

memory_limit = 64M ; Maximum amount of memory a script may consume (64MB)

Simpen file tersebut di root ato folder tempat nyimpe file website ane, udah gitu simpen juga di wp-admin. Alhamdulillah cara ini berhasil.

Pertanyaannya, kenapa bisa terjadi eror memory tersebut?

Ane nemuin jawaban yang menarik, seperti yang ane baca disini:

http://wordpress.org/support/topic/fatal-error-allowed-memory-size-of-2

Katanya, itu bisa jadi karena terlalu banyak plugin yang diinstal. Oleh karenanya di forum lain ada yang nyaranin supaya uninstall/deactivate plugin. Nanti setelah web bisa diakses, tinggal install/activate lagi.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara uninstall/deactivate plugin dalam kondisi backend ga bisa diakses (ga bisa masuk ke admin). Simpel ajah, masuk via ftp ato cpanel, dari situ masuk ke folder plugin, trus rename plugin yang mau akan di uninstall/deactivate. Beres.

Untuk cara yang terakhir ini, omje sendiri belom nyoba kemanjurannya mengatasi eror memory tadi.

Okeh segitu ajah, lanjut kerja lagiiii 😀

Pengguna Internet dan Social Media di Indonesia 2011

Mozilla Firefox IconHari ini Omje lagi muter2 nyari data perkembangan pengguna internet di Indonesia utk keperluan penyusunan proposal projek buat klien. Keliling kesana kemari, kemudian ane terdampar di webnya perusahaan singapur, yaitu We Are Social.

Ceritanya mereka bikin riset riset tentang perilaku pengguna internet dan media sosial di Indonesia. Syukur alhamdulillah pada November 2011, laporannya mereka udah share ke publik lewat situs penyedia slide presentasi terkenal Slide Share.

Isi laporannya memperlihatkan bahwa dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237.556.363 jiwa itu yang udah melek internet baru sekitar 39.600.000 artinya hanya 17% dari total jumlah penduduk.

Kemudian pada bulan Oktober 2012 mereka menurunkan laporan yang sama, yang dipublikasikan juga di Slide Share. Ane ngeliat ada perkembangan walaupun relatif kecil. Data jumlah penduduk yang mereka dapatkan menjadi 248.645.000 jiwa, dengan pengguna internet bertambah menjadi 55.000.000 atau sekitar 22% dari total populasi.

Well, laporan lebih rincinya silahkan meluncur aja ya ke tekape, ni ane kasih link slide sharenya. Cekidot gaan..

Photoshop Action | Aplikasi Tambahan Photoshop untuk Membuat Cover Buku

Adobe Photoshop CSSodarah-sodarah, omje nemuin tool yg menarik untuk membuat cover buku, sifatnya sebagai fitur tambahan yg diload ke Photoshop. Omje sendiri belom nyobain, tapi menarik juga kalo ane share langsung disini, mudah2an yang ada waktu untuk nyoba.

Beberapa waktu yang lalu sih ane lagi ngubek2 nyari cara gimana cara bikin desain untuk sampul buku. Ketemu sih ada beberapa template PSD khusus untuk buku, tapi tool yang satu ini lebih menarik untuk dicoba.

Nah, silahkan langsung aja ya ke tekape.. 🙂

CreativeTechs» Blog Archive » Free Photoshop Action for eBook Covers..

Koleksi 27 Template Desain Gratis (PSD)

Buat yang nyari template desain photoshop gratis, ni Omje share beberapa buah desain yang menarik, semuanya gratis. Dari desain brosur, buku, poster, kartu nama, kaos, sweater, sampe beberapa desain untuk corporate identity..

Kalo ane sih nyedot mockup buku..lagi butuh sob 🙂

Cekidot gan..

27 Free PSD Mock-Up Templates | Graphic & Web Design Inspiration + Resources.