Solusi Masalah “Fatal Error Allowed Memory Size Exhausted”

Image representing WordPress as depicted in Cr...

Pagi tadi Omje ngecek beberapa website klien yang ane menten, dan ternyata salah satunya ga bisa diakses hadirin, yang ada cuman tulisan:

Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 7680 bytes) in /home/xyz/public_html/abc/tuv/wp-includes/kses.php(1005) : runtime-created function on line 1

Begitu kurang lebih notifikasinya.

Omje langsung gerak cepat untuk membereskannya: Search Om Gugel 😀

Ane cari2 disana, dan nemu banyak orang yang pernah ngalamin hal yang sama, berikut beberapa alternatif solusinya. Omje pun langsung nyobain berbagai cara yang ditawarkan, diantaranya seperti yang ada dalam tulisan berikut ini:

WordPress › Support » Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted.

Inti solusinya adalah naikin php memory nya. Nyetingnya ada yang nyaranin ngedit file  wp-config.php, .htaccess, wp-setting.php, dan ada juga file php.ini.

Dari berbagai solusi yang ditawarkan, ga ada yang manjur. Macem2 tingkat kemanjurannya. Ada yg ga berhasil sama sekali. Ada juga yang berhasil, tapi cuman berhasil membuka akses ke frontend doang, maksudnya untuk ngakses website nya sih bisa, tapi pas ngakses ke backend alias halaman adminnya, muncul lagi eror yang tadi.

Maka, setelah berbagai solusi dicoba, akhirnya ane nemuin cara yang manjur untuk kasus web ane tadi, yaitu lewat file php.ini.

Cara yang ane lakuin bikin file php.ini yang isinya:

memory_limit = 64M ; Maximum amount of memory a script may consume (64MB)

Simpen file tersebut di root ato folder tempat nyimpe file website ane, udah gitu simpen juga di wp-admin. Alhamdulillah cara ini berhasil.

Pertanyaannya, kenapa bisa terjadi eror memory tersebut?

Ane nemuin jawaban yang menarik, seperti yang ane baca disini:

http://wordpress.org/support/topic/fatal-error-allowed-memory-size-of-2

Katanya, itu bisa jadi karena terlalu banyak plugin yang diinstal. Oleh karenanya di forum lain ada yang nyaranin supaya uninstall/deactivate plugin. Nanti setelah web bisa diakses, tinggal install/activate lagi.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara uninstall/deactivate plugin dalam kondisi backend ga bisa diakses (ga bisa masuk ke admin). Simpel ajah, masuk via ftp ato cpanel, dari situ masuk ke folder plugin, trus rename plugin yang mau akan di uninstall/deactivate. Beres.

Untuk cara yang terakhir ini, omje sendiri belom nyoba kemanjurannya mengatasi eror memory tadi.

Okeh segitu ajah, lanjut kerja lagiiii 😀

Balas